1. Menu File, Sub Menu File
Ø New : Membuka dockument baru yang masih kosong
Ø Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
Ø Close : Mrenutup dokumen
Ø Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
Ø Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
Ø Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
Ø Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
Ø Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
Ø Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
Ø Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
Ø Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
Ø Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
Ø Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
Ø Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
Ø Exit : menutup program Ms. word
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
Ø Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
Ø Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
Ø Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
Ø Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
Ø Office Clipboard : Membuka isi clipboard
Ø Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
Ø Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada format yang berbeda
Ø Paste Hyperlink : teks sebagai hyperlink
Ø Clear : semua data (All), format data (formats), komentar (comments), data (contents) yang ada pada lembar kerja
Ø Select All : memblok semua isi dokumen
Ø Find : kata dari dokumen yang sedang aktif
Ø Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
Ø Go To : Menuju ke halaman
Ø Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
Ø Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
Ø Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
Ø Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
Ø Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
Ø Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
Ø Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
Ø Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
Ø Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
Ø Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
Ø Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
Ø Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
Ø Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
Ø Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
Ø Mark up : Menampilkan toollbar markup
Ø Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
Ø Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
Ø Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
Ø Page Numbers : Memberi nomor halaman
Ø Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
Ø Autotext : Menyisipkan kata
Ø Field : Menyisipkan field
Ø Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
Ø Comment : Menyisipkan komentar
Ø Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
Ø Web Component : Menyisipkan komponen dari web
Ø Picture : Menyisipkan gambar
Ø Diagram : Menyisipkan diagram
Ø Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
Ø File : Menampilkan toollbar markup
Ø Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
Ø Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
Ø Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5. Menu Format, Sub Menu Format
Ø Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
Ø Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif –
Ø Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih –
Ø Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran –
Ø Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom -
Ø Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen –
Ø Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph –
Ø Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
Ø Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya –
Ø Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat –
Ø Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen –
Ø Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
Ø Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame –
Ø Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format
Ø dokumen baru –
Ø Style and Formating : Mengubah style dan format –
Ø Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks –
Ø Object : Memformat suatu objek -
6. Menu Tools, Sub Menu Tools
Ø Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
Ø Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa –
Ø Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
Ø Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen – aktif
Ø Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
Ø Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya –
Ø Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya –
Ø Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen –
Ø Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet –
Ø Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard –
Ø Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri –
Ø Template and add-ins : Mengatur tampilan template –
Ø AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis –
Ø Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan –
Ø Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
Ø Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel –
Ø Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
Ø Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
Ø Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
Ø Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
Ø Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
Ø Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
Ø Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
Ø AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
Ø Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
Ø Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
Ø Sort : Mengurutkan data atau teks
Ø Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
Ø Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
Ø Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
Ø New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
Ø Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
Ø Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
Ø Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word –
Ø Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
Ø Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
Ø Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
Ø Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan
No comments:
Post a Comment