Saturday, October 2, 2010

Fungsi fungsi pada MENU BAR


1.        Menu File, Sub Menu File
Ø      New                             : Membuka dockument baru yang masih kosong
Ø      Open                            : Membuka file dokumen yang telah disimpan
Ø      Close                           : Mrenutup dokumen
Ø      Save                             : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
Ø      Save As                       : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
Ø      Save as Web page        : Menyimpan dalam format file web page
Ø      Seacrh                          : Mencari teks tertentu dari suatu file
Ø      Versions                       : Untuk mengetahui versi Ms. Word
Ø      Web page Preview       : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
Ø      Page setup                    : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
Ø      Print Preview             : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
Ø      Print                             : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
Ø      Send to                        : Mengirim dokumen melalui e-mail
Ø      Propertise                     : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
Ø      Exit                              : menutup program Ms. word
2.        Menu Edit, Sub Menu Edit
Ø      Undo                            : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
Ø      Repeat atau Redo         : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
Ø      Cut                               : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
Ø      Copy                            : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
Ø      Office Clipboard           : Membuka isi clipboard
Ø      Paste                            : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
Ø      Paste Spesial                : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada format yang berbeda
Ø      Paste Hyperlink            : teks sebagai hyperlink
Ø       Clear                           : semua data (All), format data (formats), komentar (comments), data (contents) yang ada pada lembar kerja
Ø      Select All                      : memblok semua isi dokumen
Ø      Find                              : kata dari dokumen yang sedang aktif
Ø      Replace                        : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
Ø      Go To                          : Menuju ke halaman
Ø      Links                            : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
Ø      Object                          : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3.        Menu View, Sub Menu View
Ø      Normal                         : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
Ø      Web layout                   : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
Ø      Print layout                   : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
Ø      Outline                          : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
Ø      Task Pane                    : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
Ø      Toolbars                       : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
Ø      Ruler                            : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
Ø      Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
Ø      Gridlines                       : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
Ø      Documents Map           : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
Ø      Header Footer              : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
Ø      Footnotes                     : Melihat catatan hasil footnote
Ø      Mark up                       : Menampilkan toollbar markup
Ø      Full Screen                   : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
Ø      Zoom                           : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4.        Menu Insert, Sub Menu Insert
Ø      Break                           : Menentukan jenis perpindahan halaman
Ø      Page Numbers              : Memberi nomor halaman
Ø      Date and time               : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
Ø      Autotext                       : Menyisipkan kata
Ø      Field                             : Menyisipkan field
Ø      Symbol                         : Menyisipkan symbol ke dalam teks
Ø      Comment                     : Menyisipkan komentar
Ø      Reference                     : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
Ø      Web Component          : Menyisipkan komponen dari web
Ø      Picture                          : Menyisipkan gambar
Ø      Diagram                       : Menyisipkan diagram
Ø      Text Box                      : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
Ø      File                               : Menampilkan toollbar markup
Ø      Object                          : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
Ø      Bookmark                    : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
Ø      Hyperlink                     : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5.        Menu Format, Sub Menu Format
Ø      Font                             : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
Ø      Paragraph                     : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif –
Ø      Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih –
Ø      Borders and Shading    : Memberikan bingkai dan arsiran –
Ø      Columns                       : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom -
Ø      Tabs                             : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen –
Ø      Drop Cap                     : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph –
Ø      Text Direction               : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
Ø      Change Case                : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya –
Ø      Fit Text            : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat –
Ø      Background                  : Memberi warna latar belakang pada dokumen –
Ø      Theme                          : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
Ø      Frames                         : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame –
Ø      Autoformat                   : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format
Ø      dokumen baru –
Ø      Style and Formating     : Mengubah style dan format –
Ø      Reveal Formating         : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks –
Ø      Object                           : Memformat suatu objek -
6.        Menu Tools, Sub Menu Tools
Ø      Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
Ø      Language                      :  menjalankan fasilitas penerjemah bahasa –
Ø      Word Count                 :  Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,  karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
Ø      Autosummarize             :  Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen –                      aktif
Ø      Speech                         : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
Ø      Track Changes             : Menandai teks yang baru diubah sisinya –
Ø      Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya –
Ø      Protect Document      : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen –
Ø      Online Collaboration :  mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet –
Ø      Letters and Mailings      : Memuat surat melalui fasilitas wizard –
Ø      Macro                          : Membuat dan menghapus macro sendiri –
Ø      Template and add-ins  : Mengatur tampilan template –
Ø      AutoCorrect Options   : Memperbaiki teks secara otomatis –
Ø      Customize                     : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan –
Ø      Options                        : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit,  Print, Save,  User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7.        Menu Table, Sub Menu Table
Ø      Draw Table                  : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel –
Ø      Insert                            : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
Ø      Delete                          : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
Ø      Select                           : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
Ø      Merge Cells                  : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
Ø      Split Cells                     : Memecah sel menjadi beberapa sel
Ø      Split Table                    : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
Ø      Table AutoFormat        : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
Ø      AutoFit                         : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
Ø      Heading Rows Repeat  : Mengulang baris judul
Ø      Convert                        : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
Ø      Sort                              : Mengurutkan data atau teks
Ø      Formula                        : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
Ø      Hide Gridlines            : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
Ø      Table Propertise         : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8.        Menu Window, Sub Menu Window
Ø      New Window            : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
Ø      Arrange All                 : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
Ø      Split                           : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9.        Menu Help, Sub Menu Help
Ø      Microsoft Word Help          :  Menampilkan menu help Word –
Ø      Show the Office Assistant :  Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
Ø      Office on the Web             :  Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
Ø      Activate Product                :  Mendeteksi aktivasi Word
Ø      Detect and Repair              :  Mendeteksi dan memperbaiki program word
           About Microsoft Word         :  Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan

No comments:

Post a Comment